Laman

Jumat, 21 September 2012

Sukses Gelar Deklarasi Pemuda dan Pelajar Anti korupsi dan Narkoba, KOTA BEKASI JADI PILOT PROJECT WILAYAH JAWA BARAT


Bekasi, SNP
         Sebagai wujud nyata kepedulian Pemerintah Kota Bekasi dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan terhindar dari bahaya penyalahgunaan narkoba serta memberikan pembelajaran sejak dini akan bahaya korupsi yang sedang menggerogoti negeri ini, Pemkot Bekasi bekerjasama dengan Badan Narkotika Kota (BNK) Bekasi dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi rutin menggelar Deklarasi Pemuda dan Pelajar Anti Korupsi dan Anti Narkoba di 12 Kecamatan di Kota Bekasi secara bergiliran sejak April 2012 lalu.
         Kecamatan Jatiasih merupakan wilayah terakhir yang dipilih dalam pelaksanaan Deklarasi pemuda dan pelajar anti korupsi dan anti narkoba dari 12 Kecamatan di Kota Bekasi. Deklarasi yang berlangsung di depan kantor Kecamatan Jatiasih dan SMP Negeri 9 Bekasi, Rabu (19/9) juga sekaligus merayakan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tingkat Kota Bekasi. Acara tersebut dihadiri anggota DPRD Provinsi Jabar, H. Anwar Yasin, Anggota DPRD Kota Bekasi, Walikota Bekasi Rahmat Effendi dan didampingi unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Bekasi, pelajar, ormas, pemuda dan elemen masyarakat lainnya.
dalam sambutannya Walikota Bekasi mengatakan bahwa deklarasi telah dicanangkan di 11 kecamatan dan Kecamatan Jatiasih adalah kecamatan terakhir yang mendeklarasikannya. “Ini adalah wujud nyata bentuk kepedulian Pemerintah Kota Bekasi untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan terhindar dari bahaya penyalahgunaan narkoba serta memberikan pembelajaran sejak dini akan bahaya korupsi yang sedang melanda negeri ini,” katanya.
         Pepen sapaan akrab Walikota Bekasi juga mengharapkan dengan rampungnya deklarasi di 12 kecamatan, seluruh lapisan masyarakat khususnya Kepala Sekolah dan guru mampu memberikan proses pembelajaran dengan baik agar mampu menjauhi bayang-bayang korupsi di masa mendatang.
         Lebih jauh Pepen menjelaskan, pihaknya mencanangkan Kota Bekasi bebas dari narkoba pada tahun 2015. "Penyalahgunaan narkoba yang terus menurun menjadi keyakinan Kota Bekasi bisa terbebas dari narkoba tiga tahun lagi," katanya.
Guna merealisasikan target tersebut lanjut Walikota, pascamerampungkan deklarasi tingkat kecamatan, program serupa akan berlanjut dengan penyelenggaraan di tingkat yang lebih rendah. "Program ini harus berjenjang karena penciptaan lingkungan yang bersih dari narkoba dan korupsi dilakukan sejak dari diri sendiri," lanjutnya.
Walikota menambahkan bahwa kesuksesan deklarasi yang digelar Pemkot Bekasi mendapat apresiasi dari Anggota DPRDJawa Barat. “Anggota DPRD Provinsi Jabar, H. Anwar Yasin mengatakan kepada saya bahwa di wilayah Jawa Barat baru Kota Bekasi yang mengadakan acara seperti ini”, kata Rahmat Effendi seraya mengatakan bahwa Deklarasi anti narkoba dan korupsi tersebut pun akan disosialisasikan di Jawa Barat. “Kita patut bangga dengan kegiatan ini karena merupakan pilot projet bagi wilayah lain”.
Selain Walikota, Ketua Pelaksana Harian BNK Kota Bekasi, Aceng Solahudin juga menyampaikan sambutannya. Menurut Aceng, BNK Kota Bekasi juga berupaya maksimal untuk menanggulangi penyalahgunaan Narkoba di Bekasi. “Baru-baru ini, BNK Kota Bekasi bersama Satuan Narkoba Polresta Bekasi Kota melakukan sejumlah penggrebekan narkoba di beberapa wilayah,” katanya.
Selain itu kata Aceng, juga dilakukan pemusnahan barang bukti narkoba dan minuman keras, hasil ungkap kasus yang dilakukan di wilayah hukum Kota Bekasi. Kemudian, menyelenggarakan sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalhgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) bagi pelajar di Kota Bekasi.
Pada kesempatan itu, para pemuda dan pelajar berkomitmen mendukung pemerintah memberantas penyalahgunaan narkoba melalui deklarasi ditandai dengan pembacaan pernyataan dan penandatanganan surat pernyataan. Selanjutnya diikuti dengan penyerahan penghargaan bagi siswa berprestasi mulai dari tingkat nasional dan internasional. (Arios)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar