Laman

Jumat, 22 Juni 2012

PEREKAMAN DATA E-KTP KOTA BEKASI SUDAH 92%


Bekasi, SNP
SimulasiPembuatan e-KTP
KTP Elektronik (e-KTP) merupakan amanat Undang-Undang (UU) nomor 23 tahun 2006 dan peraturan UU nomor 35 tahun 2010. Secara teknis, e-KTP dilengkapi dengan sidik jari dan  chip.
            Mengingat e-KTP merupakan dokumen kependudukan yang mengatur system keamanan dan pengendalian database Nasional berbasis teknologi informasi, maka diharuskan mencapai angka 100%.
            Untuk mengejar target pembuatan e-KTP, beberapa Kecamatan di Kota Bekasi, telah melakukan berbagai upaya, yakni, masing-masing kelurahan menyambangi pintu ke pintu (dor to dor) warga dengan mengantarkan undangan dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).
            Demikian Kepala Seksi Kependudukan Dede Ibrahim kepada swara nasional pos (SNP) di ruang kerjanya Kantor Kecamatan Bekasi Timur.
            Menurut Dede, proses pembuatan e-KTP di Kecatamatan Bekasi Timur pada saat ini tingkat perekaman telah mencapai angka 141.892 e-KTP (87.28%) dari taget 197.207% e-KTP. Cakupan angka tersebut meliputi empat kelurahan, yakni, Kelurahan Bekasi Jaya 41.568, Margahayu 50.188, Duren Jaya 54.620, dan Kelurahan Aren Jaya 50.831 e-KTP.
            Ditempat terpisah, Lurah Kayuringin, Kec. Bekasi Barat, Hermawan, SE kepada SNP menyebut, proses pembuatan e-KTP di lingkungan warga Kelurahan Kayuringin sudah mencapai 92% perekaman data dari 56.000 e-KTP yang ditargetkan.
            Hermawan mengaku sedikit kesulitan dalam pembuatan e-KTP karena sebagian data warga kurang lengkap, dan juga faktor kesibukan warga. Kendati demikian, Hermawan berharap pembuatan e-KTP dapat terselesaikan tepat waktu. “Kita optimis pembuatan e-KTP dapat terselesaikan tepat waktu,” ujarnya Rabu (23/05), pekan lalu.
            Sementara, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Tehnologi (BPPT), Marzan A Iskandar, di Jakarta beberapa waktu lalu mengatakan, fungsi e-KTP dapat dipergunakan dalam pelayanan kesehatan yang disebut e-Health, dengan menggunakan micro chip sebagai penyimpan data atau dandaftar sejarah kesehatan pemiliknya. Program ini dirilis bersamaan peluncuran e-KTP generasi kedua mendatang. @ MA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar