Laman

Rabu, 15 Februari 2012

OPTIMALKAN LAYANAN SERTIFIKASI, BPN KABUPATEN BEKASI LAKUKAN PENATAAN

Markus menunjukkan kepada wartawan SNP
ruangan kerja yang telah dibenahi/ditata.

Bekasi, SNP
       Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada  tahun 2011 dinilai berhasil menjalankan program sertifikasi gratis untuk 2.000 bidang tanah di 25 Desa yang ada di seluruh Kabupaten Bekasi. Keberhasilan itu dibuktikan dengan penyerahan 2000 sertifikat kepada warga pada peringatan Hari Agraria, Senin (26/9) lalu.
      Pembagian sertifikat tersebut dibenarkan oleh Kasi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi, Markus Mado Masan, di ruang kerjanya. Ia menjelaskan, dengan program Prona masyarakat mendapatkan pelayanan pembuatan sertifikat secara murah dengan waktu yang cepat.
Markus menambahkan, selain Prona pada peringatan hari Agraria juga dibagikan sertifikat tanah wakaf, tanah instansi pemerintah, Hak Guna Pakai (HGP), badan hukum perubahan hak, balik nama, penghapusan hak, ibreng (penyertaan modal), Roya (penghapusan hutang).
“Dengan sosialisasi yang gencar dilakukan segenap petugas BPN, kini kesadaran asyarakat Kabupaten Bekasi untuk membuat sertifikat tanahnya sudah lumayan tinggi,” ujarnya.
Lebih jauh Markus menjelaskan, keberhasilan sertifikasi tanah sebagai skala prioritas tidak lepas dari kemampuan Budi Suryanto SH CN MH sebagai Kepala Kantor BPN Kabupaten Bekasi dalam menciptakan kenyamanan dan sinergitas kerja di kantor tersebut. “Walau baru menjabat sejak Mei 2011 lalu, berbagai perobahan dan terobosan baru dalam menciptakan pelayanan prima telah dilakukan,” kata Markus.
Salah satu upaya yang dilakukan Kepala Kantor BPN Kabupaten Bekasi saat ini untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman bagi jajarannya dalam memberikan pelayanan optimal ialah penataan ruang kerja. “Penataan ini dilakukan untuk member rasa nyaman kepada petugas dan juga kepada masyarakat yang dilayani,” imbuh Markus.
Hal senada juga disampaikan Budi Suryanto. Menurutnya, dengan kepemimpinannya yang masih baru pihaknya akan terus bekerja optimal untuk memberikan layanan prima dan akan terus menata ruangan. “Dengan suasana ruangan yang rapih diharapkan pelayanan semakin optimal. Ruangan yang rapih akan berimbas positif terhadap layanan publik sebagai barometer keberhasilan pelayanan kepada masyarakat. Tentu yang menilai tidak pada pihak BPN, melainkan dari masyarakat yang sudah terlayani,” tuturnya.
            Bukti keberhasilan jajaran BPN Kabupaten Bekasi juga dirasakan masyarakat belum lama ini. Pada Rabu (23/11), 1000 sertifikat tanah diserahkan secara simbolis kepada warga di tiga kecamatan, yaitu; Kecamatan Tambun Selatan, Cibitung dan Tambun Utara.
            Acara penyerahan sertikat tanah tersebut dihadiri Sekda Kabupaten Bekasi, Drs. Dadang M.Si dan jajaran Pemkab Bekasi, Camat dan para Kepala Desa. Sementara dari pihak BPN dihadiri Markus Mado Masan, Haryaman SH dan Iskandar.
Penyerahan sertifikat prona secara simbolis kepada beberapa warga dilakukan Bupati Bekasi Drs H Sa’aduddin MM, dilanjutkan Kepala Kantor Pertanahan Budi Suryanto, dan Sekda Drs Dadang M.Si Atas penyerahan sertipikat tanah prona kepada pemilik bidang tanah.
 Pada kesempatan itu Bupati juga memberikan bantuan kepada kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi, berupa satu unit kendaraan roda empat, untuk meningkatkan kualitas pelayanan. “Dengan proram ini, ke depan Kabupaten Bekasi akan menjadi lebih baik lagi,” ujar Bupati.
Sementara itu, Kepala Kantor BPN Kabuapaten Bekasi menjelaskan bahwa pihaknya akan terus berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. “BPN ke depan akan selalu memberi pelayanan prima dan berkualitas. Tentunya, tak lepas dari peran serta masyarakat juga,” katanya.
Dengan sambutan yang antusias dari masyarakat pada Tahun 2011 dengan 1000 bidang tanah melalui Prona, kedepannya target Prona maupun Larasita akan ditingkatkan. (Arios)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar